Uncategorized

Lagi, LSM KCBI Dikadoi “Kuasa” Penyelamatan TKI

JARINGANNEWS|CIREBON – Aksi KCBI Pusat kian menggegerkan, pasalnya, pasca selamatnya satu oknum TKI melalui gerakan sosial “Konecksi Luar Negeri”, Sabtu kemarin, (10/11/2018). Kembali lagi, Ketum dan Ketua Bidang Tenaga Kerja LSM KCBI, Rabu, (21/11/2018), sibuk mengurusi PMI.  

Keluarga PMI/TKI atas nama Erawati Binti Udi Kardi, dari Kabupaten Cirebon membuat laporan  kepada LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia, memberi surat kuasa sepenuhnya kepada KCBI Pusat melalui Ketua Bidang Tenaga Kerja LSM KCBI, Halasan Sinabutar, Rabu, (21/11/2018).

Sesuai paparan keluarga, anaknya direkrut oleh ibu Unai (Sponsor) selanjutnya diserahkan kepada Bapak Heru selaku “Sponsor Dalam” di PT.Duta Putra Banten Mandiri. Lalu Pekerja Migran Indonesia (PMI) Medichal Check UP ke salah satu rumah sakit guna penerbitan Paspor di kantor Imigrasi.

Setelah terbit paspornya dia dipulangkan lagi kerumahnya (Cirebon) dan setelah menunggu 2 (Dua) Minggu, oknum PMI  diberangkatkan ke Negara Arab Saudi, pada tahun lalu, tepatnya, 13-01-2017, bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT).

Demikian penjelasan Ketua Bidang Departemen Ketenakerjaan LSM KCBI Pusat, Halasan Sinabutar, Rabu, (21/11/2018) kepada Jaringannews, mengulangi pernyataan keluarga Erawati Binti Udi, di Cirebon. Usai dirinya menelusuri ke Kepala Desa dan dinyatakan benar adanya dalam Data Base, surat Izin PMI/TKI atas nama Erawati.

Namun, kata Halasan, data tersebut tidak diperlihatkan karena data para PMI yang di “Save” aparat desa dinyatakan telah pulang. Setelah itu,  bapak Halasan pulang ke Jakarta.  Sesampainya di Jakarta, selang 3 Hari, beliau konfirmasi kepada Bapak Heru sebagai Sponsor Dalam, dia mengakui bahwa PMI tersebut diproses di PT. Duta Putra Banten Mandiri.

Pada saat itu bapak Heru berjanji akan memulangkan PMI keindonesia. Selama satu bulan lebih tidak ada sama sekali etika untuk memulangkan PMI, karena setiap hari PMI selalu mengeluh, kepada Ketua Halasan S, selaku penerima surat kuasa.

Karena tidak ada pengurusan dari pada PT. Duta Putra Banten Mandiri. Sehingga bapak Halasan, S, Ketua Bidang tenaga kerja di LSM KCBI, mengambil sikap, melaporkan ke intansi BP3TKI Tanggal 19-11-2018. Keterangan BP3TKI bahwa TKI tersebut tidak terdaftar di Sisco BNP2TKI.

“Dengan laporan tersebut, sehingga LSM KCBI menyimpulkan bahwa PT. Duta Putra Banten Mandiri, memberangkatkan PMI /TKI, atas nama Erawati Binti Udi Kadir secara Non Prosedural alias Ilegal,” tutup Ketua Bidang Ketenagakerjaan LSM KCBI Pusat.(wp-kor-Lamhot SP/Agus Sitohang /Brama/Aditya).

pasang iklan disini
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Baru update

To Top