Medan

Ranto Sibarani: Rektor USU Mempertontonkan Mahasiswanya Sama Saja Dengan Menghancurkan Masa Depan Mereka

JaringanNews,Medan – Praktis Hukum ternama asal kota Medan, Ranto Sibarani SH menyebutkan, Rektor Universitas Sumatera Utara berhasil menghancurkan masa depan mahasiswanya dan mempermalukan mereka yang dipertontonkan di muka umum dengan menggelar Konprensi Pers bersama BNN.

Terkait penangkapan puluhan mahasiswa USU pada Minggu (10/10) dini hari. Ranto Sibarani SH menegaskan bahwa Rektor USU  bertanggung jawab penuh terhadap kehidupan di lingkungan Kampus.

Menurutnya. Jika ada mahasiswa yang hari ini terkena kasus narkoba dan pecandu narkoba adalah bentuk kegagalan Rektor sebagai pimpinan kampus dalam hal melindungi warga dan mahasiswanya dari peredaran narkoba. Bukan malah sebaliknya memenjarakannya.

Padahal, sesuai Misi Universitas Sumatera Utara, nomor 16 Tahun 2014 tertulis jelas di pasal 2 yaitu, mencari alternatif penyelesaian permasalahan aktual berlandaskan kajian ilmiah, moral dan hati nurani.

“Saat ini narkoba merupakan masalah aktual di negara kita. Dan kita seharusnya mencari penyelesaiannya secara alternatif. Bukan malah dengan menangkap, memenjarakan atau mempermalukan mereka mahasiswa dan lainnya dimuka umum. Apa  menurut Rektor cara tersebut salah satu alternatif sesuai hati nurani berdasarkan statuta USU yang dimaksud. kan tidak.  “Kata Ranto Sibarani saat memberikan tanggapannya pada akun YouTube pribadinya. Selasa, (11/10).

Ranto yang juga Wakil Ketua Bidang Hukum dan Ham Partai Solidaritas Indonesia menambahkan, sepertinya pihak Universitas Sumatera Utara yaitu Rektor diduga mau menambah over kapasitas tahanan kasus narkoba di penjara dengan menangkap mahasiswanya.

“Seharusnya mereka mahasiswa ini kan dibimbing, dibina dan dilakukan pencegahan sejak dini agar tidak tersandung kasus narkoba, bukan malah sebaliknya pihak kampus malah mengundang pihak Badan Narkotika Nasional masuk untuk menangkap mahasiswanya kemudian menggelar Konprensi Pers dengan mempermalukan korban yang merupakan mahasiswa, bahkan alumni USU didalamnya. Kasihan keluarga mereka. “Ucap Ranto yang juga salah satu pengacara top di Sumatera Utara.

Untuk itu ia meminta kepada semua pihak terutama jajaran Universitas USU agar lebih bijaksana melihat kasus narkoba yang hari ini menjadi permasalahan negara kita.

Apalagi terkait orang dengan pengguna narkoba, mereka harusnya di bina dan dibimbing, bukan malah di pamerkan dimuka umum. Sehingga kita sama sama berfikir bagaimana para pencandu narkoba nantinya dapat hidup normal dan masa depan mereka tidak hancur.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Baru update

To Top