Travel

Menelusuri Gua Umang Desa Sembahe

foto gua umang yang terletak di desa sembahe kabupaten deli serdang / silimamerga.web.id

Jaringannews.com | Kabanjahe – Pernahkah terbayangkan di benak anda bagaimana bentuk tempat tinggal makhluk makhluk tak kasat mata, sebagian dari anda berpikir rumah tua pohon besar atau makam keramat. Di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara terdapat gua besar dengan lubang berukuran kecil yang dipercaya warga sekitar sebagai tempat tinggal makhluk tak kasat mata. Lalu Mengapa batu besar ini dipercaya sebagai tempat tinggal makhluk tak kasat mata?.

Terletak di desa sembahe Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara sekitar satu setengah jam dari kota Medan tim Jaringannews.com mencari tahu kisah apa yang tersembunyi di balik batu besar ini.

Sesampainya di desa sembahe terlihat Tugu bertuliskan situs gua Kumang yang menandakan bahwa tim sudah dekat dengan gua Kumang. Untuk sampai ke gua kami harus melewati pagar dan puluhan anak tangga di sisi kanan dan kiri kami terlihat deretan pohon yang rindang, tak heran jika dulunya daerah ini dimanfaatkan warga sebagai ladang untuk bercocok tanam. Sesampainya kami di atas kami melihat batu besar yang berbentuk kerucut yang sudah ditumbuhi banyak lumut dengan lubang ditengahnya dan terlihat tidak mungkin dimasuki oleh orang dewasa.

Kami mencoba melihat ke dalam terlihat ada ruangan berukuran Kurang lebih 3×2 meter dan tinggi sekitar 1 meter, ada yang menarik dari sisi luar gua Komang ini, terlihat relief seperti berbentuk manusia yang Terukir di salah satu sisi.

Relief yang berbentuk manusia pada gua umang

Ada yang menarik di gua Kemang ini salah satunya seperti terlihat relief dengan bentuk seperti manusia, kepala tangan dan seperti layaknya manusia. Umang yang berarti jin atau roh dalam bahasa Karo yang menurut masyarakat disana berbentuk seperti manusia namun berukuran lebih kecil dan memiliki telapak kaki yang terbalik.

Menurut cerita dari Pak siang ketaren salah seorang penjaga gua ini dahulu ada seorang kakek yang pernah bertemu dengan sosok Umang, menurut Pak siang ukuran dari gua ini diperkirakan lebih besar dari yang terlihat karena pada zaman Belanda Para penjajah ingin membawa batu ini Namun sayang ujung dari ini tidak ditemukan.

cerita sosok Umang memang sudah menjadi bagian dari warga, .

sosok Umang atau gua Kumang merupakan peninggalan yang harus tetap kita lestarikan karena merupakan salah satu situs sebagai kekayaan Indonesia.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Baru update

To Top