News

Cawabup Roby : Bersama Petani Milenial Akan Kita Wujudkan Pertanian Tapsel Unggul

JaringanNews, Tapsel – Harapan Kementerian Pertanian untuk meregenerasi petani muda bukan sekedar isapan jempol  saja. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya generasi milenial di berbagai daerah salah satunya di Kabupaten Tapanuli Selatan yang saat ini yang telah menekuni dan sukses menjadi pengusaha dalam sektor pertanian .

Kehadiran petani kaum milenial Gapoktan Tauruna Tani Sumatera Utara ke desa-desa di Kabupaten Tapanuli Selatan adalah untuk mengedukasi masyarakat, sekaligus mentransfer teknologi dan mengubah manajemen usaha pertanian, agar hasil yang diperoleh baik dari segi kualitas maupun  kuantitasnya memuaskan. “Kata Ledy Namarina Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan saat menanam Bawang dan Kentang bersama masyarakat Kelompok Tani, Sahabat Taruna Tani di Dusun Galang Desa Dapparan Haunatas, Kecamatan SD Hole, Tapanuli Selatan. “Sabtu,( 28/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut calon wakil Bupati Tapanuli Selatan nomor 1 Roby Agusman Harahap yang ikut menanam bibit Kentang dan Bawang dilahan percontohan milik warga tersebut.

Cawabup Roby menyebutkan sangat mengapresiasi kepada Taruna Tani Sumatera Utara yang memiliki semangat sekaligus  berperan aktif dalam melakukan penyuluhan, membina dan mendampingi  para petani di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dengan terbentuknya  Sahabat Taruna Tani yang juga binaan Gapoktan Taruna Tani Sumut ini, Robby berharap dapat berperan aktif dalam mengawal dan mendampingi petani, sehingga  pembangunan pertanian dari hulu hingga hilirnya di Tapanuli Selatan tercapai sesuai harapan kedepan mewujudkan pertanian Tapanuli Selatan Unggul.

“Kegiatan ini sangat baik dilakukan,  yakni pengembangan pertanian Bawang Merah dan Kentang di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Meski tanam perdana dilahan percontohan , kedepan di harapkan dapat berlanjut di seluruh desa-desa dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian  masyarakat petani, khususnya anak,-anak muda yang belum bekerja terdampak pandemi saat ini. “Kata Cawabup Robby Agusman Harahap yang juga menjelaskan bahwa memajukan sektor pertanian merupakan salah satu visi dan misi pasangan nomor 1,  Muhammad Yusuf Siregar dan Roby Agusman Harahap.

Robby berjanji , jika terpilih menang memimpin Tapanuli Selatan, pasangan nomor urut 1 H. Muhammad Yusuf Siregar dan Roby Agusman Harahap akan memperhatikan nasib para petani, memenuhi  kebutuhan pertanian dan kesejahteraan nya.

Sementara itu, ketua Gapoktan Taruna Tani Sumatera Utara, Darwis  Harapan mengatakan sekitar 7.000 bibit Bawang Merah dan 3.000 bibit Kentang ditanam dilahan percontohan di Kecamatan SD Hole dengan luas lahan sekitar satu setengah hektar milik masyarakat.

Khusus Tapanuli Selatan sekitar 85 sampai 90 persen menurut Darwis masyarakat nya berpenghasilan dari bertani.  Apalagi ditengah kondisi Pandemi saat ini, banyak anak muda yang kuliah pulang ke kampung, anak perantauan yang di rantau tidak lagi bekerja kembali ke kampung, sehingga  sumber daya manusia seperti mereka saat ini juga harus di manfaatkan agar pandai  berbudidaya atau bercocok tanam yang terintegrasi, dalam artian tidak melulu membutuhkan dan berharap bantuan dari pemerintah seperti pupuk, bibit atau lainnya.

“Dengan hadirnya kelompok kelompok tani masyarakat khususnya anak muda milenial, kita akan ajari mereka bagaimana cara mengembangkan pertanian dengan membuat pupuk sendiri, membuat bibit sendiri sampai menanam tanaman itu dengan pola ramah lingkungan kami ajari dan kami bimbing dengan baik. “Ungkap Darwis.

pasang iklan disini
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Baru update

To Top