Peringati Hari Anak Nasional, PLN UP3 Nias Edukasi Siswa SMKS BNKP Gunung Sitoli Tentang Sistem Kelistrikan

Gunungsitoli – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias menerima kunjungan siswa SMKS BNKP Gunungsitoli pada Rabu (4/7). Kunjungan ini merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah untuk menambah pengetahuan siswa tentang sistem ketenagalistrikan.

Para siswa mengunjungi _Distribution Control Center_ (DCC) guna melihat secara langsung PLN mengendalikan sistem kelistrikan di Kepulauan Nias agar tetap andal. Para siswa juga mendapatkan penjelasan dampak yang terjadi saat jaringan listrik mengalami gangguan.

Bacaan Lainnya

Lisna Bate’e, salah satu siswa, bertanya apa penyebab listrik padam? Yang tentu saja dengan pertanyaan sederhana ini akan bisa menambah wawasan mereka dalam mengenali jenis – jenis pemadaman.

“Terdapat 2 jenis pemadaman yakni pemadaman terencana dan tidak terencana,” jelas Rio.

Lebih lanjut Rio menjelaskan pemadaman terencana dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan pasokan listrik. Sedangkan pemadaman tidak terencana disebabkan oleh gangguan yang dari alam seperti cuaca ekstrem dan sebagainya.

Selama mengunjungi _Distribution Control Center_ (DCC) para siswa begitu antusias menyimak penjelasan dari PLN UP3 Nias.

“Melalui kegiatan ini, kami mengetahui jenis – jenis pemadaman dan penyebabnya. Tugas PLN dalam menjaga pasokan listrik hingga sampai kerumah begitu berat,” ujar Lisna.

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Nias Revi Aldrian menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi siswa SMKS BNKP Gunungsitoli dalam menambah pengetahuan, khususnya tentang ketenagalistrikan. Pengetahuan ini tidak mereka dapatkan di kurikulum di sekolah.

“Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini para siswa dapat mengetahui penyebab pemadaman dan upaya PLN dalam melakukan pemulihan jaringan,” ungkap Revi.

Ditempat terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto, menyampaikan apresiasi atas kunjungan siswa SMKS BNKP Gunungsitoli ke PLN UP3 Nias.

“Kami mengapresiasi kegiatan positif ini. Kami juga berharap mereka bisa menjadi perpanjangan PLN dalam menyampaikan pengetahuan yang didapat dari kunjungannya kepada keluarga dan masyarakat,” tutur Saleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *