News

Meski Melalui Medan Yang Berat, Kadin Batubara Salurkan Bantuan Sembako Kepada Warga Korban Banjir

JaringanNews,Batu Bara – Lokasi Desa Tanjung Mulia bisa dibilang agak terpisah dari jalan utama Kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

Tak seperti desa lain yang berada di jalan utama kecamatan, setidaknya untuk mencapai desa tersebut dibutuhkan sedikit perjuangan, terlebih dalam kondisi banjir yang sudah lebih dari sepekan menggenangi  rumah di Desa Tanjung Mulia, akibat dari luapan sungai di desa tersebut. Bahkan  puluhan hektar persawahan warga juga ikut luluh lantah (rusak) diterjang banjir.

Bencana banjir ini memberi dampak terhadap masyarakat terutama psikis (mental) mereka, dimana masyarakat trauma akan peristiwa yang sering terulang. Selain itu perekonomian masyarakat juga harus terhenti karena  sebagian mereka hidup mengandalkan hasil pertanian yang sebentar lagi akan panen.

Kegelisahan dan ketakutan masyarakat itu juga juga turut dirasakan keluarga besar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Batubara.

Dengan rasa empati dan semangat, Burhan dan Loli Sastra yang juga pengurus Kadin Batubara merupakan sosok yang dipercaya turun langsung ke lokasi bencana, untuk membagikan sembako kepada masyarakat terdampak banjir.

Jika melihat kondisi di daerah Kecamatan Nibung Hangus, bukan hal yang mudah menerobos banjir di wilayah tersebut. Seperti di Desa Pematang Rambai. Selama sepekan menggelar aksi kemanusiaan, Burhan dan Loli terpaksa meninggalkan kendaraannya diujung jalan. Bahkan mereka harus berjalan kaki menembus banjir dalam menyalurkan sembako kepada masyarakat.

Tak jauh beda di Desa Tanjung Mulia, membawa sekitar 100 karung beras, pengurus Kadin Batubara bahkan haeus rela bertelanjang kaki untuk menyambangi warga dari pintu kepintu.

“Ya begini la kondisinya. Kita harus siap bagaimana pun situasinya. Kalau memang harus berbasahan, itu pun harus kita tempuh. Yang terpenting, bagaimana bantuan sembako ini sampai ditangan warga,” katanya.

Begitu juga dikatakan Misman (60), salah seorang warga Kecamatan Nibung Hangus menyebutkan, tidak semua orang mau melakukan hal yang sama dilakukan oleh Kadin Batubara. Hanya orang yang memiliki kepedulian dan jiwa sosial tinggi yang mau melakukan itu.

Bersyukur hal itu dimiliki oleh Ketua Kadin Batubara, OK Faizal Djalil beserta jajarannya. Beberapa kesempatan beliau tidak sungkan berbasah-basahan menembus banjir untuk memberi bantuan langsung kepada kami warga. “Kata Misnan.

Warga lain, Mistam (65) menceritakan tentang kondisi rumah dan sawah miliknya. Walaupun kondisi rumahnya saat banjir tidak separah rumah warga lain. Namun, sawah miliknya yang luasnya sekitar 18 rante rusak, padahal tanaman padi baru memasuki usia tanam sekitar 1 minggu. Akibatnya, Misman harus memutar otak (mencari modal) untuk kembali menanam ulang padinya.

“Alhamdulillah, hari ini Pak OK Faizal Djalil melalui Kadin Batubara datang untuk memberikan bantuan beras. Bantuan seperti ini yang diharap warga, setidaknya dapat meringankan beban warga, kami ucapkan terimakasih kepada Kadin,” ucapnya. (helmi).

pasang iklan disini
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baru update

To Top