News

Bawaslu Gelar Pemeriksaan Soal Netralitas ASN Dengan Terlapor Oknum Dosen UINSU Medan.

JaringanNews, Tapsel – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli  Selatan  kembali menggelar pemeriksaan soal dugaan Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2020. Selasa, (03/11).

Dalam pemeriksaan ini, Bawaslu Tapsel mengundang pelapor yang merupakan calon wakil Bupati Tapsel nomor 1 Robby Agusman Harahap dan saksi untuk dimintai keterangannya dalam perkara laporan nomor 08/LP/Bawaslu/Prov-SU.22/10/2020/.

Menggenakan kaos putih, calon wakil Bupati Tapsel Robby Agusman Harahap tiba pada pukul 12:30 Wib di kantor Bawaslu Tapsel, di Jalan Merdeka, Kelurahan Hutasuhut, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Komisioner Divisi Penangganan Pelanggaran Bawaslu Tapsel, Khoirun Soli Harahap menyebutkan, pemeriksaan hari ini adalah untuk meminta keterangan langsung dari pelapor Robby Agusman Harahap soal dugaan keterlibatan ASN di Pilkada Tapsel .

“Sesuai undangan, pemeriksaan kita lakukan terhadap pelapor Robby Agusman Harahap. Dan ada tiga pertanyaan yang kami tanyakan kepada pelapor yaitu terkait kebenaran laporan  peristiwa, kapan kejadian dan kapan diketahui. “Kata Khorirun kepada wartawan.

Lanjut Khoirun menjelaskan selain pelapor Robby Agusman Harahap, Bawaslu Tapsel hari ini juga meminta keterangan dari saksi pelapor berinisial H.W yang mengscreenshot status terlapor S.H dari akun pribadinya.

“Untuk proses selanjutnya kami Sentra Gakumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian akan melakukan pembahasan kedua berupa pengkajian dari hasil dari keterangan pelapor dan saksi hari ini. “Pungkasnya.

Sementara itu, Cawabub Robby Agusman Harahap dalam keterangannya menyebutkan, menggenal dan mengetahui yang bersangkutan S.H merupakan ASN dan salah satu Dosen  Universitas Negeri Islam Sumatera, di Medan.

Robby menjelaskan, S.H dilaporkan karena di duga terlibat ikut mengkampanyekan salah satu pasangan calon di media sosial melalui akun pribadi miliknya secara aktif.

“Saya ketahui kegiatan itu dari Media Sosial dan laporan dari tim nya kita dilapangan yang menyampaikan kepada saya. “Kata Robby.

Lanjut Robby menjelaskan, terlapor jelas-jelas terlihat memposting kegiatan beberapa waktu lalu yang menghadirkan calon Bupati dan diduga ikut mengkampanyekannya atau mengenalkannya kepada masyarakat dalam acara tersebut.

“Kami merasa apa yang dilakukan seorang oknum ASN tersebut sangat tidak pantas. Seharusnya S.H bersikap Netral bukan ikut-ikutan. Karena jelas sekali dalam kegiatan yang digelar S.H itu hadir paslon nomor dua yaitu calon Bupati. Itu berlangsung pada Minggu tanggal 25 Oktober di Desa Sibombong bersama tokoh-tokoh adat Marga Harahap. “Ungkapnya.

Untuk itu, pasangan nomor 1 Muhammad Yusuf Siregar dan Robby Agusman Harahap berharap, dengan adanya laporannya ini, membuat efek jera kepada seluruh ASN di Kabupaten Tapanuli Selatan, agar tidak ikut- ikutan, atau melakukan kampanye dan mengajak masyarakat untuk mendukung calon tertentu pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati pada tahun 2020.

“Kita berharap laporan kami ini secepatnya diproses pihak Gakumdu, demi tegaknya keadilan dan hukum dalam demokrasi di negara ini. “Tutupnya.

pasang iklan disini
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Baru update

To Top